• Contact Me

  • Arsip

  • Kategori

  • Juni 2009
    S S R K J S M
        Jul »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

  • Meta


  • Your Visitor...

    cialis generic
    100000

    free counters



Tips dan Cara Membeli, Mendaftarkan dan Registrasi Domain Web Internet .com .net .org .info dan Sebagainya – Murah dan Mudah


Domain adalah suatu identitas penamaan pada jaringan internet dunia secara global agar mudah diingat untuk berbagai macam keperluan seperti untuk membuat website, membuat alamat email, memprotek merk dagang, dan lain sebagainya.

Harga domain kini semakin terjangkau dengan semakin ketatnya persaingan penjual domain baik di dalam maupun di luar negeri. Harga domain kini hanya berkisar antara 85 sampai 110 ribu rupiah untuk masa penggunaan satu tahun. Sebenarnya istilah sewa domain lebih tepat daripada menggunakan istilah beli domain, karena nyatanya kita hanya memiliki domain untuk jangka waktu tertentu sesuai kontrak.

Panduan keterangan akhiran domain :
– .com = komersial / bisnis
– .net = network / isp
– .org = organisasi
– .biz = bisnis
– .info = informasi bebas
– .name = individual perseorangan
ket : pada umumnya anda bebas mengisi situs apa saja di masing-masing akhiran

Tahap dan Langkah Mendaftar Domain :

1. Masuk ke situs web penjual web domain yang memiliki servis dan support yang baik seperti http://www.idwebhost.com, http://www.singcat.com, http://www.indohoster.com, dan lain sebagainya.

2. Daftar user baru pengguna situs tersebut. Anda biasanya diperbolehkan mendaftar user tanpa harus membeli apa-apa.

3. Cari kotak isian yang berfungsi untuk mancari status domain apakah masih bisa didaftarkan atau sudah didaftarkan orang lain. Isi dengan domain yang anda ingin tahu ketersediaannya. Contoh masukkan abc.com, jika masih available berarti anda bisa mendaftarkan domain tersebut, namun jika tidak bisa maka anda bisa mencoba mencari alternatif domain lain atau membeli domain akhiran lain.

4. daftarkan domain yang tersedia / available tersebut dengan mengisi berbagai form isian untuk data konfigurasi, alamat, dan lain-lain.

5. lakukan pembayaran sesuai prosedur yang dapat dilayani oleh masing-masing penjual domain. Contohnya adalah seperti melakukan transfer rekening bank BCA, Bank Mandiri, Bank Lippo, Bank Niaga, dan lain sebagainya.

6. Konfirmasi pembayaran bahwa anda telah melakukan perbayaran atas domain yang anda daftarkan tadi melalui form isian, yahoo instant messenger, email, sms, dan lain sebagainya sesuai ketentuan penjual domainnya.

7. Jika semua lancar dan berjalan mulus, maka anda sudah dapat menggunakan domain anda dalam beberapa saat. Biasanya akan ada kiriman email yang mengkonfirmasi domain anda sudah bisa digunakan.

8. Setting name server domain tersebut agas merujuk ke server webhosting anda. name server berbentuk alamat situs dengan awalan subdomain ns1, ns2, dan sebagainya. Urutan dns name server berpengaruh karena ketika ns1 down, maka kita dialihkan ke ns2.

9. Selanjutnya anda harus memiliki account web hosting untuk dapat segera membuat situs. Dari account webhosting inilah anda mendapatkan domain name server atau dns. Setting tambah domain addon atau parked dengan domain baru anda pada control panel yang ada. Kemudian anda sudah bisa mulai membuat situs anda.

10. Jangan lupa memperpanjang masa aktif domain anda setiap 11 bulan sekali agar tidak terlewat. Seseorang bisa saja mendaftarkan domain anda ketika masuk masa domain dapat direregister kembali dan anda akan kehilagan hak anda untuk menggunakan domain tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: